Visi dan Misi

VISI DAN MISI
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, OLAHRAGA DA PARIWISATA
KABUPATEN BANYUASIN

A. VISI DAN MISI
1. Visi
Visi Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin adalah: “Mewujudkan sumber daya manusia yang terdepan, mandiri dan berdaya saing”.
Agar visi tersebut dapat dicapai, maka perlu penjabaran yang dapat menjelaskan arah visi tersebut. Visi di atas dijabarkan menjadi unsur-unsur utama, “Terdepan”, “Mandiri”, dan “Berdaya Saing”. Penjabaran dari unsur-unsur dimaksud adalah sebagai berikut.

TERDEPAN adalah paling muka, paling depan, terlebih dahulu.

MANDIRI mengandung arti bahwa Kabupaten Banyuasin yang letak geografisnya di jalan Raya Lintas Timur Sumatera antara Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi, berbatasan pula dengan Kota Palembang sebagai pusat kegiatan industri, perdagangan dan pusat kehidupan modern, akan menjadi kawasan pertumbuhan yang tinggi di semua bidang kehidupan. Posisi yang strategis ini bila diikuti dengan peningkatan kwalitas sumber daya manusia, maka akan menjadi kawasan pertumbuhan dengan masyarakatnya yang mandiri.

BERDAYA SAING mengandung arti bahwa dengan menjadi kawasan strategis akan berakibat tumbuhnya kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Melalui pengelolaan sumber daya lokal yang dimiliki, kemampuan mengendalikan lingkungan eksternal, otonom dalam mengambil keputusan dan mampu membangun kerja sama yang lebih luas, sehingga masyarakat akan memiliki daya saing.

2. Misi
Sebagai upaya untuk mewujudkan Visi Dinas Pendidikan , Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin Tahun 2014-2018, dijabarkan langsung ke dalam misi yang akan menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin. Dari pernyataan misi tersebut diharapkan seluruh anggota masyarakat dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal keberadaan serta peran instansi pemerintah dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan. Adapun Misi Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin adalah:
1. Mengembangkan potensi sumber daya manusia di bidang kependidikan, kebudayaan, kepemudaan, keolahragaan, kepariwisataan dan ekonomi kreatif.
2. Meningkatkan mutu pelayanan dinas pendidikan, pemuda, olahraga dan pariwisata.
3. Mengembangkan potensi kebudayaan, kepemudaan, keolahragaan, kepariwisataan dan ekonomi kreatif.
4. Meningkatkan sarana dan prasarana kependidikan, kepemudaan, keolahragaan, kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

3. Moto
Visi dan Misi di atas dapat dicapai apabila didukung dengan penerapan tata nilai yang selaras dengan usaha-usaha pelaksanaan Misi dan pencapaian Visi.
Tata nilai adalah dasar sekaligus arah bagi sikap dan perilaku seluruh pegawai dalam menjalankan tugas. Tata nilai juga menjadi kualitas diri pegawai yang mewarnai usaha meraih citra Pelayanan Prima Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga. Tata nilai yang dimaksud adalah: tanpa pamrih, santun, jujur, terbuka, visioner, kreatif dan inovatif, menuju ke arah profesionalisme.
Dengan merujuk pada focus pembangunan pendidikan, pengembangan pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga tahun 2014-2018, serta mengacu kepada tata nilai yang diharapkan di atas, maka Visi Misi Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin dapat dirangkum menjadi sebuah Motto Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata yaitu:
“Disiplin, Inovatif, dan Profesional”

B. TUJUAN DAN SASARAN
1. TUJUAN
Tujuan strategis Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin dirumuskan berdasarkan jenjang pelayanan pendidikan, pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga dan sistem tata kelola yang diperlukan untuk menghasilkan pelayanan prima pendidikan, pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga sebagaimana yang dikehendaki dalam rumusan visi dan misi Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin.
Dengan mengacu kepada Visi dan Misi di atas, maka dapat dijabarkan beberapa tujuan utama Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin, yaitu sebagai berikut.
1. Berkembangnya potensi sumber daya manusia di bidang pendidikan, pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga.
2. Meningkatnya mutu pelayanan dinas pendidikan, pemuda, olahraga dan pariwisata.
3. Berkembangnya potensi pemuda, olahraga, pariwisata, ekonomi kreatif dan kebudayaan lokal.
4. Meningkatnya sarana dan prasarana pendidikan, pemuda, olahraga dan pariwisata

Dari 4 tujuan utama di atas, dapat disimpulkan menjadi sebuah Tujuan Strategis, yaitu: ”Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang Terdepan, Mandiri dan Berdaya Saing”.

2. SASARAN
Dalam rangka pengukuran ketercapaian tujuan strategis pembangunan pendidikan, pengembangan pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga diperlukan sejumlah sasaran strategis yang menggambarkan kondisi yang harus dicapai pada tahun 2018.
Untuk mewujudkan visi dan misi di atas perlu dibuat sasaran strategis yang dapat dijadikan landasan, agar dapat mendukung tujuan strategis pembangunan pendidikan, pengembangan pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga yang telah dibuat. Sasaran strategis Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin tahun 2017 adalah: “Pengembangan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia di Bidang Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga”.

C. STRATEGIS
Strategis dimaksud disusun secara optimal untuk mewujudkan tujuan yang dirumuskan secara konseptiual, analitis, realistis, rasional, dan komprehensif. Berdasarkan pemahaman tersebut maka strategi yang dijalankan untuk mencapai visi, dan misi Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin dituangkan ke dalam strategi pembangunan pendidikan, pengembangan pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga yang mengacu kepada sasaran strategis.
Untuk memudahkan penyusunan, pelaksananaan, dan pencapaian, maka dari sasaran di atas, diuraikan menjadi strategi pembangunan pendidikan, pengembangan pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga yang terdiri dari 8 komponen, yang meliputi:
1. Sarana dan Prasarana Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga;
2. Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
3. Pendataan Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga;
4. Tata Kelola Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga;
5. Manajemen dan Pelayanan Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga;
6. Pelestarian dan Diplomasi Budaya;
7. Pemerdayaan Organisasi Kepemudaan;
8. Prestasi di Bidang Olahraga
Dari 8 komponen di atas dapat dirangkum menjadi 2 strategi utama pembangunan pendidikan, pengembangan pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga sebagai landasan kebijakan pembangunan pendidikan, pengembangan pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga Kabupaten Banyuasin tahun 2017. Adapun strategi dimaksud adalah:
1. Mengembangkan Sarana Prasarana Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga dalam rangka Meningkatkan Ketersediaan, Keterjangkauan, dan Kepastian Memperoleh Pendidikan, mengmbangkan kemitraan pariwisata, melestarikan kesenian dan kebudayaan lokal, meningkatkan potensi sumber daya kepemudaan dan meningkatkan prestasi olahraga
2. Meningkatkan Pelayanan Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga melalui Peningkatan Mutu Pendidikan, Pemandu Wisata, Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Sumber Daya Manusia seperti Atlet dan Pelatih Olahraga Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Lokal . meningkatnya kualitas pengelolaan organisasi kepemudaan demi terciptanya Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga yang Berdaya Saing.