15 views

AYO KE BANYUASIN SAKSIKAN MUSI TRIBOATON 2017

Pangkalan Balai, 7/10/17 Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Pendidikan Pemuda
Olahraga dan Pariwisata Kab. Banyuasin (Disdikporapar Kab.BA) menghadapi Musi Triboatton 2017 mulai melakukan persiapan. Persiapan tersebut seperti persiapan homestay bagi peserta Triboatton yang jumlahnya 412 peserta di 20 TIM, 12 TIM Nasional dan 8 TIM Internasional, Homestay bagi peserta Musi Triboatton 2017 di katakan Kadisdikporapar Kab.BA, Dr. H. M. Harun Samsuddin, S.Pd., M.M saat berada di Banyuasin 10-11 Oktober 2017 akan diinapkan di rumah penduduk homestay dan  di usahakan di Kota Pangkalan Balai sampai Sembawa.

Disamping Panitia Provinsi  yang telah menetapkan 42 event atau agenda pariwisataKabupaten Banyuasin juga akan melakukan kegiatan bagi peserta didik dan masyarakat diantaranya Lomba Menggambar, Parade Marcing Band dan Lomba Bidar Lokal (Bidar Tradisional), lebih lanjut Kadisdikporapar Kab.BA mengajak masyarakat Banyuasin untuk mensukseskan event tahunan ini dan memeriakan kegiatan tersebut, dan kegiatan akan berpusat di Dermaga Pengumbuk Rantau Bayur Kab.Banyuasin
Sebagamana ditulis rublika.co.id “Pada 2017 mendatang, panitia  telah menetapkan 42 event atau agenda pariwisata yang akan berlangsung pada beberapa destinasi wisata yang ada di Sumatra Selatan,” kata Kepala Disbudpar Sumsel Irene Camelyn, Sabtu (17/12).

Menurut Irene, jumlah event  pada kalender 2017 meningkat dibandingkan even 2016 yang hanya berjumlah 18 agenda wisata. “Penambahan jumlah agenda wisata 2017 bukan hanya fokus pada agenda pariwisata provinsi tetapi juga kabupaten dan kota.”

Irene Camelyn menjelaskan, untuk even wisata unggulan tetap sama seperti tahun lalu, masih ada Festival Danau Ranau, Musi Jazz Sriwijaya, Musi Jazz River, Festival Palembang Darussalam, Musi Triboatton dan Festival Sriwijaya yang dijadwalkan berlangsung pekan kedua Juli 2017.

“Selain itu berbagai even pariwisata 2017 tersebut tidak hanya terpusat di kota Palembang melainkan tersebar hampir ke seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sumsel. Seperti Jelajah Alam Gunung Dempo yang berlangsung di Kota Pagaralam dan Festival Gendang Melayu Nusantara di Kota Lubuklinggau,” ujar mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel.

Pada 2017 Disbudpar Sumsel juga akan fokus membidik wisata halal. “Kita sudah melakukan launching wisata halal dengan tujuan agar Sumatra Selatan tidak tertinggal dalam menjaring wisatawan muslim. Pada 2017 dan 2018 Sumsel akan memiliki sejumlah even dengan tamu dari berbagai negara yang penduduknya muslim. Mereka merupakan target wisatawan yang akan datang ke Sumsel,” kata Irene Camelyn.

Untuk menjual wisata halal, Sumsel akan  menyajikan berbagai kuliner halal. Selain berbagai kuliner halal, Sumatra Selatan juga memiliki destinasi wisata religi atau rohani yang selama ini telah menjadi destinasi para wisatawan dalam dan luar negeri.

“Sumatra Selatan memiliki komplek asrama haji dengan fasilitas terlengkap, ada mock up pesawat angkutan haji, replika Kabah dan lintasan sai dengan ukuran yang sama yang ada di Mekkah. Juga ada Bait Alquran Akbar yang merupakan Alquran terbesar di Indonesia, Kampung Arab Al Munawar yang menarik dengan kulturnya, serta ada Masjid Cheng Ho Sriwijaya,”  kata Kepala Disbudpar Sumsel. (Srj)

Diperkirakan Etape Musi Triboatton 2017 (Jadwal resmi akan di publish susuai ketentuan)

Senin, 7 November
Upacara Pembukaan yang dilanjutkan dengan perlombaan etape pertama.
Etape 1, Tanjung Raya-Tebing Tinggi (40 Km), untuk kategori River Boat, Canoe, dan Dragon Boat.

Selasa, 8 November
Etape 2, Tebing Tinggi-Muara Kelingi (110 Km), untuk kategoria Dragon Boat .

Rabu,  9 November
Etape 3, Muara Kelingi-Sekayu (110 Km),  untuk kategori Traditional Boat Race 1000 meter.

Kamis, 10 November (Penyambutan Musi Triboatton di Banyuasin)
Etape 4, Sekayu Muba-Pengumbuk (90 Km), untuk kategori River Boat, Canoe, Dragon Boat, dan Perahu Induk.

Jum’at, 11 November
Etape 5, Pengumbuk-Palembang (90 Km), untuk kategori River Boat, Canoe, Dragon Boat, dan Perahu Induk.

Sabtu, 1 2 Desember
Upacara Penutupan PKB Palembang

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*